Berapa Mug yang Diperlukan untuk Souvenir Pernikahan ?


Menghitung jumlah Mug yang diperlukan untuk souvenir pernikahan logikanya lebih mudah karena cukup didasarkan pada jumlah kartu undangan yang dicetak, tetapi kenyataannya tidak semudah itu. Pasalnya, tamu yang diundang biasanya tidak datang sendirian, bisa dengan isteri dan anak atau keluarganya yang lain. Biasanya pula masing-masing tamu ingin memiliki souvenir sendiri sebagai kenang-kenangan.

Apalagi jika mug yang digunakan sebagai souvenir dikemas dengan cantik, selain akan menjadi cendera mata yang menarik untuk dipajang juga bisa difungsikan sebagai salah satu perangkat rumah tangga yang istimewa. Mug bisa menyimpan kenangan lebih lama dibandingkan dengan produk lain yang digunakan untuk souvenir.

Jika tujuan pemberian souvenir agar para undangan bisa mengingat dan mengenang acara pernikahan yang pernah dihadirinya, maka mug menjadi pilihan souvenir yang tepat. Karena itu pula tidak ada salahnya memberikan souvenir tersebut lebih dari satu untuk tamu yang secara resmi diundang menghadiri resepsi pernikahan.

Artinya pula, jumlah mug yang diperlukan untuk souvenir akan selalu lebih banyak daripada jumlah kartu undangan. Memang tak semua undangan minta lebih dari satu souvenir, beberapa teman atau kerabat mungkin turut hadir meskipun tidak secara resmi menerima kartu undangan ke resepsi pernikahan tersebut.

Asumsikan Anda telah menyebarkan secara resmi misalnya sebanyak 500 kartu undangan, maka idealnya jumlah souvenir yang perlu disediakan ditambah sekitar 20 sampai 30 persen dari jumlah itu, sehingga maksimum menjadi 500 + ( 500 x 30%= 150) = 650 buah mug souvenir.

Memang tidak semua undangan bisa hadir, sebagian mungkin berhalangan. Berdasarkan pengalaman, jumlah undangan yang tidak hadir bisa mencapai sekitar 20 hingga 30 persen jika acara pernikahan dihelat pada musim penghujan dan kebetulan beberapa jam sebelum resepsi terjadi hujan lebat.

Meskipun resepsi pernikahan dilaksanakan di sebuah hotel atau tempat khusus, dan diprediksi para undangan tidak kesulitan dalam masalah transportasi, misalnya karena rata-rata memiliki mobil pribadi, kondisi hujan lebat bisa mengakibatkan banjir dan hal ini akan menjadi kendala yang sangat diperhitungkan. Kendala lainnya bisa saja karena di saat yang bersamaan harus menghadiri acara lain yang dinilai lebih penting.

Sebagian undangan yang tidak hadir saat itu kemungkinan keesokannya atau beberapa hari kemudian akan datang langsung ke rumah pengantin. Hal ini karena kado untuk pengantin sudah disiapkan jauh hari sebelumnya. Karena itu, mug souvenir yang masih tersisa saat acara resepsi telah selesai jangan buru-buru dibagikan sampai habis, sebaiknya disimpan setidaknya sampai dua hari kemudian.

Jika lewat dua hari masih tersisa beberapa puluh souvenir, maka bagikan pada keluarga dan kerabat terdekat yang paling banyak membantu selama berlangsungnya proses pernikahan tersebut. Jangan sampai lupa, sedikitnya sisakan dua buah mug untuk disimpan oleh sang pengantin, karena mug terakhir ini akan menjadi kenangan yang paling berharga dalam kehidupan mereka.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar